TELEKOMUNIKASI


TELKOMUNIKASI

Telekomunikasi adalah pertukaran informasi dari satu lokasi kesatu atau beberapa lokasi lainnya dalam bentuk apapun (suara, data, teks, gambar, audio dan video) melalui jaringan berbasis komputer. Jaringan telekomunikasi pada awalnya tidak menggunakan komputer untuk mengarahkan lalu lintas, dan dengan seperti ini menjadi lebih lambat dibandingkan jaringan berbasis komputer saat ini. Oleh sebab itu, Anda seharusnya mengetahui terhadap tren-tren utama dalam industri telekomunikasi, teknologi, dan aplikasi yang secara signifikan menambah alternatif keputusan menghadapi manajer dan pelaku bisnis.

A.    Tren Utama dalam Telekomunikasi Bisnis
Tren Industri
Pertumbuhan pesat dari internet menyebabkan jumlah pemasok dan jasa yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi perusahaan meningkat, demikian juga pengambilan keputusan bisnis para manajer. Ledakan pertumbuhan Internet dan situs seluruh dunia telah melahirkan penyelenggaraan produk baru, layanan, dan penyedia telekomunikasi baru.
Contoh spektrum jasa berbasis telekomunikasi : siaran TV, telepon, dll 

2.      Tren Teknologi
Tren teknologi telekomunikasi utama lainnya adalah sebuah perubahan dari ketergantungan pada kabel tembaga berbasis media dan system penyampaian gelombang mikro yang ditanam sampai sambungan serat optic dan seluler, satelit komunikasi, dan teknologi nirkabel lainnya untuk menciptakan kerja internet lokal dan global dengan kecepatan tinggi.Transmisi serat optic, yang menggunakan daya dari sinar laser, menawarkan keuntungan signifikan untuk mengurangi ukuran dan usaha instalasi, kapasitas komunikasi yang lebih besar, kecepatan transmisi yang lebih cepat, dan kebebasan dari interferensi elektris.
Telekomunikasi juga mengalami revolusi melalui perubahan yang cepat dari teknologi analog ke teknologi jaringan digital.
Keuntungan teknologi jaringan digital :
 (1) kecepatan transmisi yang secara signifikan lebih besar
 (2) pergerakan informasi dalam jumlah yang lebih besar
(3) ekonomi yang lebih besar
(4) tingkat kesalahan yang lebih rendah daripada sistem analog.

3.      Tren Aplikasi Bisnis
Perubahan dalam industry telekomunikasi dan teknologi telah disebutkan sebagai penyebab perubahan yang signifikan dalam penggunaan bisnis telekomunikasi.Tren terhadap penjual yang lebih banyak, layanan, teknologi internet, dan system terbuka, serta pertumbuhan yang cepat dari internet, situs seluruh dunia, serta internet dan ekstranet korporat, secara dramatis meningkatkan jumlah aplikasi telekomunikasi yang layak. Dengan demikian, jaringan telekomunikasi saat ini memainkan peranan penting dan menembus dalam proses bisnis elektronik (e-business) berbantu situs, perdagangan komersial, kolaborasi perusahaan, dan aplikasi bisnis lainnya yang mendukung operasi, manajemen, dan tujuan strategis, untuk bisnis perusahaan besar maupun kecil.

B. Komponen dan Fungsi Sistem Telekomunikasi 
1. Komputer/Terminal Pengirim
    Untuk mengirimkan data atau informasinya.
2. Media Transmisi
    Yang akan membawa data yang dikirimkan dari sumber data ke penerima.
3. Proses Komunikasi
    Alat pendukung transmisi data.
4. Perangkat Lunak Komunikasi
    Yang akan mengendalikan proses komunikasi data.
5. Komputer/terminal Penerima
    Untuk menerima data
6.Complier
   Untuk memproses informasi.

C.  Media Telekomunikasi
Saluran telekomunikasi menggunakan berbagai media telekomunikasi mencakup :
1.      Media Telekomunikasi Kabel
1.      Kabel Berpasangan
Kabel telepon umum yang terdiri dari kabel tembaga yang dipilin berpasangan (kabel berpasangan) adalah media telekomunikasi yang paling banyak digunakan. Kabel berpasangan dibungkus dan dilindungi dalam berbagai bentuk dan digunakan secara meluas dalam sistem telepon rumah dan kantor, serta di banyak LAN dan WAN.
2.  Kabel Koaksial
Kabel koaksial terdiri dari kabel alumunium atau tembaga yang kuat dan dibungkus dengan pembatas yang berfungsi sebagai insulator dan pelindung. Kabel koaksial memungkinkan pengiriman data berkecepatan tinggi dan lebih banyak digunakan daripada kabel berpasangan di area metropolis, untuk sistem TV kabel dan untuk koneksi komputer jarak pendek serta peralatan periferal.
3.   Kabel Serat Optik
Serat opetik menggunakan kabel yang terdiri dari satu atau beberapa kawat pijar yang setipis rambut dan serat kaca yang dibungkus dengan jaket pelindung. Serat optik dapat menghasilkan pulsa elemen bersinar (photon) yang dihasilkan oleh sinar laser dengan tingkat transmisi hingga triliunan byte per detik (terabyte per second/Tbps). Ini sekitar ratusan kali lebih besar daripada kabel koaksial dan ribuan kali lebih baik dari kabel berpasangan.
2.      Media Telekomunikasi Teknologi Nirkabel
Setiap teknologi menggunakan jangkuan tertentu dalam spekturm elektromagnetik dari frekuensi elektromagnetik untuk mengurangi gangguan dan mendorong telekomunikasi yang efisien.
1.      Gelombang mikro teristerial
Gelombang ini melibatkan sistem gelombang mikro yang terikat pada bumi yang mengirim sinyal radio kecepatan tinggi dengan jalur antarstasiun penerima yang terletak 30 mil.
2.      Satelit komunikasi
Satelit berfungsi sebagai stasiun peniar untuk sinyal komunikasi yang dikirim.
3.      Sistem PCS dan selular
Menggunakan teknologi komunikasi radio yang terbagi berdasarkan area geografis yang kecil (sel).
4.      LAN nirkabel
Digunakan sebagai solusi atas pemasangan dan perbaikan jaringan LAN menggunakan kabel yang sulit dan mahal.
          Contoh : bluetooth, Wi-Fi

5.      Web Nirkabel
          Contoh : 3G (untuk meningkatkan kecepatan transmisi nirkabel untuk aplikasi multimedia dan video)

JARINGAN
KONSEP JARINGAN
Dua buah komputer dikatakan terkoneksi jika  bila komputer dapat saling bertukar informasi. Bentuk koneksinya tidak harus melalui kawat tembaga saja, melainkan dapat menggunakan serat optik, gelombang mikro, atau satelit.
Jaringan ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Internet adalah jaringan komputer yang bisa dikategorikan sebagai WAN, menghubungkan berjuta komputer diseluruh dunia, tanpa batas negara, dimana setiap orang yang memiliki komputer dapat bergabung ke dalam jaringan ini hanya dengan melakukan koneksi ke penyedia layanan internet.

A.    Jenis-jenis Jaringan Telekomunikasi
1.   Jaringan Area Luas (Wide Area Network/WAN)
Jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas,seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua.WAN terdiri dari mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.2. Jaringan Area Lokal (Local Area Network/LAN)
Jaringan area local menghubungkan komputer dan alat pemrosesan informasi  yang mencakup area dalam satu ruangan,sebuah gedung atau kampus.  misalnya kantor, ruang kelas, gedung, pabrik manufaktur, atau tempat kerja lainnya.
3.Jaringan Privat Virtual (VPN)
VPN adalah jaringan aman yang menggunakan internet namun menggunakan fitur pengamana untuk koneksi internet dan intranet.
4.      Jaringan Klien / Server
Tempat kerja pemakai akhir disebut klien. Klien dihubungkan dnegan jaringan lokal dan berbagi pemrosesan aplikasi dengan server jaringan, yang juga mengelola jaringan.
5.      Komputasi Jaringan
Komputasi jaringan memandang jaringan sebagai sumber komputasi jaringan dari semua lingkungan komputasi.
Jaringan telekomunikasi saat ini menjadi sebuah hal yang mendasar terhadap perekonomian Indonesia, hal ini dapat dilihat dari perkembangan pesat nya yang terus berkembang sejak abad 20 hingga saat ini. Hal ini dapat menjadi indikator bagi perkembangan ekonomi maupun sosial yang ada.
Jaringan telekomunikasi memberikan masukan yang positif untuk dunia bisnis dan dapat mendongkrak perekonomian hingga tahap yang menggembirakan. Saat ini telekomunikasi dapat dijangkau baik secara lokal maupun global. Dengan cara ini, hal ini dapat menunjang perkembangan dunia telekomunikasi di Indonesia.
Semua jaringan telekomunikasi saat ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan karena semua jaringan ini pastinya ditangani dengan peralatan yang berteknologi tinggi dan fasilitas ini biasanya tersedia di tiap perusahaan yang bergerak di bidang jaringan telekomunikasi. Bahkan saat ini ada tersedia jaringan telekomunikasi yang gratis dan tidak dikenakan biaya atasnya.
Saat ini pun Anda dapat menjumpai beberapa penagihan yang tidak perlu untuk dilakukan diawal pemakaian alias pasca bayar, dimana dalam sistim pembayaran tagihan ini Anda dapat menemukan jika klien perusahaan Anda menggunakan sistem salah satu diantaranya. Bahkan Anda dapat diuntungkan dengan sistem pembayaran dimana Anda dapat mempersiapkan dari jauh hari mengenai jenis pembayaran yang telah Anda pilih dan secara online, Anda dapat mempersiapkan semuanya.
Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah menggunakan tagihan yang Anda pisah dan tentunya mengemat waktu karena secara online, Anda tidak membutuhkan tenaga kerja lebih banyak lagi karena Anda dapat terhubung secara online.


Perkembangan telekomunikasi di Indonesia saat ini sangat pesat karena merubah peradaban manusia dari telekomunikasi kabel menjadi telekomunikasi elektronik. Jika pada jaman dahulu Anda hanya menggunakan telepon rumahan untuk berkomunikasi maka saat ini Anda dapat berkomunikasi tanpa harus menggunakan kabel dan mudah dibawa kemana-mana. Di era globalisasi telekomunikasi menjadi sangat penting karena jaringan telekomunikasi dapat mentransfer informasi antar wilayah dalam sekejap.
Dapatkah Anda bayangkan hidup sehari tanpa telekomunikasi di Indonesia? Tentu sulit, karena telekomunikasi saat ini telah memegang peranan penting bagi kehidupan kita. Pada dasarnya, telekomunikasi dapat dibedakan menjadi dua bidang utama diantaranya adalah: teknologi kabel dan teknologi nirkabel.
Telekomunikasi di Indonesia rata-rata menggunakan kabel diantaranya adalah telepon, televisi, facsimili, internet kabel, dll. Sedangkan telekomunikasi nirkabel seperti ponsel. Jaringan telekomunikasi untuk nirkabel itu sendiri terdiri dari sistem GSM dan sistem CDMA. Keuntungan menggunakan telepon selular adalah mobile dan tarif yang murah.
Tekhnologi telekomunikasi di Indonesia telah membuat terjadinya komunikasi antara satu dengan yang lain baik dengan kabel maupun tanpa kabel.Telekomunikasi telah mencapai level yang terbaik dalam hal ini karena jaringan telekomunikasi saat ini telah merambah ke arena koneksi internet dan itu terbukti dengan semakin murahnya jaringan internet dan yang terbaru saat ini adalah teknologi internet yang dapat ditemukan pada telepon selular. Telepon seluler saat ini telah mengalami kemajuan yang pesat itu dapat terlihat dari perkembangan GPRS yang menjadi terkenal akibat perkembangan dunia telekomunikasi yang signifikan.


http://artikeltelekomunikasidanjaringan.blogspot.co.id/

 

 

 


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Welcome

Welcome to my Blog

Ads 468x60px

Popular Posts

Followers

Rizky Saputra

Featured Posts